Visi Keilmuan
Menjadi Pusat Inovasi Pembelajaran Fisika Berbasis Teknologi untuk Menghasilkan Lulusan yang Berwawasan Kebangsaan dan Berkarakter Wirausaha serta Berkontribusi pada Pemenuhan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan
Tujuan
- Menghasilkan lulusan Sarjana Pendidikan Fisika yang memahami pengetahuan dan memilki keterampilan pedagogik dan menerapkan teknologi dalam bidang fisika yang bertanggung jawab, berdaya saing, dan berkembang sesuai kebutuhan masyarakat untuk mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan ‘
- Menghasilkan lulusan yang mampu mengembangkan minat dan keterampilan dalam penelitian bidang pendidikan fisika yang aplikatif dengan menerapkan pemikiran yang logis, kritis, sistematis dan inovatif untuk menemukan solusi dari permasalahan nyata di masyarakat dan mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan
- Menghasilkan lulusan yang memiliki keterampilan dalam manajemen laboratorium yang efesien, berkomitmen terhadap standar keselamatan, dan mendukung proses pembelajaran serta mampu bekerja sama dengan masyarakat untuk meningkatkan kualitas pendidikan
- Menghasilkan lulusan yang berkarakter wirausaha dengan jiwa kepemimpinan, kreatif, dan inovatif yang dapat diterapkan dalam membangun usaha mandiri atau mengelola lembaga bidang pendidikan
Profil Lulusan
Profil Lulusan | Deskripsi Profil |
Pendidik Bidang Fisika | Kompeten dalam menyusun atau mengembangkan dan melaksanakan strategi pembelajaran yang kreatif dan inovatif serta menggunakan metode evaluasi untuk mengukur pemahaman siswa terhadap pengetahuan fisika di tingkat sekolah menengah (SMA/MA/SMK);Memiliki pemahaman tentang prinsip dasar pengetahuan fisika untuk menerapkannya dalam konteks dunia nyata dan memahami keterkaitan antara berbagai topik fisika sekolah menengah;Berpengalaman merancang, mengelola, dan melakukan praktikum untuk mengajarkan peserta didik dalam melibatkan diri pada kegiatan praktikum dan pengamatan terkait topik fisika SMA/MA/SMK di laboratorium;Terlatih mengembangkan pemikiran analitis dan kritis agar terampil dalam mendorong peserta didik untuk mengajukan pertanyaan, menganalisa informasi, dan mencapai kesimpulan secara mandiri; Terampil dalam penggunaan teknologi informasi dan komunikasi seperti perangkat lunak simulasi, presentasi multimedia, dan platform pembelajaran online; Mampu berkomunikasi dengan jelas dan efektif, baik secara lisan maupun tulisan dan berinterkasi dengan peserta didik, rekan kerja, orang tua siswa, dan masyarakat secara profesional; Menunjukkan etika kerja dan sikap profesional dengan terus mengembangkan diri serta memperluas wawasan melalui kegiatan pelatihan dan pengembangan professional |
Peneliti Muda Bidang Pendidikan Fisika | Terampil merancang dan melaksanakan penelitian dengan cermat termasuk perencanaan penelitian, pengumpulan data, analisis statistik, dan interpretasi data baik penelitian kuantitatif maupun kualitatif yang mendukung tercapainya Tujuan Pembangunan Berkelanjutan; Menggunakan pengetahuannya tentang konsep fisika dan penerapannya dalam konteks pendidikan untuk mengidentifikasi tantangan dalam pembelajaran fisika dan merancang penelitian yang relevan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran fisika; Menganalisis data penelitian dengan cermat dan menyajikan hasil penelitian secara jelas dan serstruktur serta menafsirkan implikasi dari temuan penelitiannya untuk mendukung perbaikan pada sistem Pendidikan; Bekerja sama dengan rekan peneliti atau pihak berkepentingan lainnya serta berkomunikasi dengan jelas dan efektif dalam bentuk lisan maupun tulisan untuk berbagi temuan penelitian dengan masyarakat ilmiah dan praktisi pendidikan; Mengintegrasikan teknologi informasi dan komunikasi dalam penelitian dan pengembangan model atau media pembelajaran yang relevan dengan perkembangan teknologi terkini; Kreatif dalam mencari solusi permasalahan bidang pendidikan fisika, serta mampu berpikir kritis untuk merancang penelitian yang dapat memberikan kontribusi signifikan pada bidang pendidikan fisika; Berkomitmen untuk pengembangan diri secara profesional dan berkelanjutan melalui partisipasi dalam konferensi, seminar, workshop, dan kegiatan ilmiah lainnya |
Pengelola Laboratorium Sekolah | Terampil dalam mengelola operasional laboratorium termasuk pemeliharaan peralatan, pengadaan bahan, dan pengaturan jadwal penggunaan laboratorium serta mengkoordinasikannya sesuai dengan kurikulum pendidikan yang berlaku;Memiliki pengetahuan teknis tentang peralatan dan instrumen laboratorium serta mampu melakukan pemeliharaan rutin, kalibrasi, dan perbaikan kecil pada alat-alat laboratorium; Memahami protokol keselamatan kerja di laboratorium dan menerapkan praktik kerja yang aman; Berkomitmen pada etika penelitian dan pemakaian bahan laboratorium sesuai dengan standar keamanan lingkungan;Menguasai teknologi informasi dan komunikasi yang memudahkan dalam pengelolaan laboratorium dan memfasilitasi pembelajaran berbasis teknologi di laboratorium;Bersedia bekerja sama dengan tim pendidik dan staf sekolah untuk menciptakan lingkungan laboratorium yang mendukung pembelajaran secara efektif. |
Wirausaha | Mengembangkan ide-ide inovatif dan kreatif yang mampu mengidentifikasi peluang bisnis baru;Memiliki kemampuan organisasi dan mengelola sumber daya dengan efisien; Memiliki kemampuan kepemimpinan dan pengambilan keputusan strategis yang mendukung pertumbuhan dan keberlanjutan bisnis/usaha; Bersedia dan mampu beradaptasi dengan perubahan pasar, teknologi, dan tren pasar; Memiliki visi jangka panjang dan kemampuan untuk merencanakan pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan |